Cara Kembali Ke Pengaturan Pabrik Hp Realme
v
by
Nama File
Kategori
Ukuran
Versi
Informasi MOD
Rating

Cara Kembali Ke Pengaturan Pabrik Hp Realme

Seringkali, kinerja ponsel android akan melambat apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan melambatnya kinerja ini tentunya akan menyulitkan pengguna yang ingin cepat-cepat melakukan hal penting.

Untuk itu, beberapa orang memilih untuk mereset ulang peraturan ponsel menjadi setelan pabrik. Adapun cara kembali ke pengaturan pabrik Hp Realme adalah sebagai berikut:

1. Ketahui Akun dan Password

Kembali ke pengaturan pabrik artinya ponsel akan di format ulang seperti sediakala saat pertama kali membelinya.

Untuk itu, semua pengaturan yang pernah dilakukan pengguna sebelumnya akan berubah total kembali ke awal.

Diketahui, ponsel android termasuk Realme memerlukan akun google supaya perangkatnya dapat terhubung seperti semula.

Untuk itulah cara kembali ke pengaturan pabrik Hp Realme yang pertama adalah mengingat ataupun mencatat akun google beserta password yang digunakan.

Hal ini dilakukan supaya saat melakukan reset nantinya, pengguna tetap bisa terhubung dengan kembali dengan akun sebelumnya dan bisa mengaturnya kembali.

Baca juga Cara Mengatasi Hp Oppo yang Tidak Bisa Disentuh

2. Backup File

Berikutnya, pengguna juga perlu menyimpan file-file berharga yang ada di dalam perangkat ponsel. File yang ada di perangkat seperti foto, video, dokumen dan musik bisa saja terhapus jika tidak di back up oleh pengguna.

Hal ini dilakukan karena saat melakukan reset maka semua pengaturan dan aplikasi yang bukan bawaan akan terhapus total. Untuk itulah, bila pengguna tidak ingin file penting ikut terhapus maka pindahkanlah ke dalam kartu SD ataupun perangkat lainnya terlebih dahulu.

3. Buka Setting

Setelah memindahkan file penting dari perangkat maka cara kembali ke pengaturan pabrik Hp Realme berikutnya adalah dengan masuk ke menu setting.

Pilihlah gambar berbentuk gear tersebut dan selanjutnya klik additional settings, nantinya akan muncul sub menu lainnya dan pilihlah backup dan reset.

Saat hendak melakukan reset pastikan bahwa bahwa daya pada ponsel milik pengguna masih banyak. Hal ini dilakukan karena saat melakukan reset nanti memerlukan waktu selama beberapa menit dan juga menghabiskan daya baterai pada ponsel pengguna.

4. Masukkan PIN

Sebelum menghapus semua data dan mengembalikan ponsel Realme ke setelan pabrik maka hal yang harus dilakukan pengguna adalah memasukkan PIN.

Sistem ponsel akan meminta pengguna untuk memasukkan kode keamanan atau password tertentu sebelum menghapus seluruhnya.

Fungsi dari memasukkan password tersebut adalah untuk melakukan konfirmasi bahwa yang melakukan reset adalah atas kemauan pengguna sendiri dan bukan dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Masukkanlah password dengan benar lalu klik erase.

5. Hapus Semua

Setelah berhasil memasukkan password, pengguna pun bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Hapuslah semua pengaturan dan juga aplikasi dan data lain yang tersimpan di dalam ponsel android milik pengguna.

Klik tulisan erase all data dan Hp pun akan mulai menghapus semua setelan tambahan pada ponsel menjadi seperti saat baru dikeluarkan dari pabrik.

Proses ini akan memakai waktu yang cukup lama, karena itu sebaiknya pengguna tidak menekan atau melakukan apapun yang dapat menghambat prosesnya.

Tunggulah selama beberapa menit sampai proses pengembalian ke setelan pabrik berhasil.

Jika berhasil, ponsel akan booting kembali dan melakukan restart. Setelah itu, ponsel akan menampilkan tampilan awal default seperti setelan dari pabriknya.

Pengguna bisa mengatur kembali ponsel miliknya dan memasukkan akun google beserta password supaya dapat dipakai seperti sediakala.

Itulah cara kembali ke pengaturan pabrik Hp Realme yang bisa dicoba oleh pengguna. Cara ini sebenarnya bisa dilakukan oleh ponsel android lainnya. Namun terkadang beberapa ponsel tidak bisa menggunakan fitur setelan.

Untuk itulah, pengguna bisa mencoba menekan tombol power serta volume bersamaan dan pilihlah reset ke pengaturan awal pabrik.