Cara Mengatasi HP Xiaomi Baterai Tanam yang Ngeblank

Beberapa tahun belakangan, produsen HP kompak menghadirkan ponsel dengan konsep baterai tanam seperti halnya produsen Xiaomi.

Pemilihan baterai tanam memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan baterai yang dapat dilepas.

Hanya saja, mengatasi masalah dengan mencopot baterai menjadi tidak dapat dilakukan. Tak perlu khawatir, masih ada cara mengatasi HP Xiaomi ngeblank batre tanam yang bisa dicoba.

Masalah blank atau hang pada ponsel tentu didasari oleh berbagai faktor. Apapun penyebabnya, keadaan ponsel yang ngeblank membuat respon sentuhan pada layar menjadi hilang.

Umumnya, jalan pintas untuk mengatasi hang adalah dengan mencabut baterai. Sayangnya, karena ponsel Xiaomi kebanyakan sudah baterai tanam dibutuhkan trik khusus untuk menyelesaikan masalah ini.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Baterai Tanam yang Ngeblank

Jika ditelusuri, penyebab HP menjadi hang di antaranya karena memori internal yang sudah sesak. Kerusakan sistem operasi hingga adanya crash pada aplikasi yang di-install juga ikut menyumbang permasalahan ini.

Meskipun tanpa cabut baterai, cara mengatasi HP Xiaomi ngeblank batre tanam dapat dengan menekan tombol dan melakukan kombinasi beberapa tombol seperti di bawah ini:

Lihat juga Cara Mengatasi Bootloop di HP Vivo

1. Matikan Paksa dengan Tombol Power

Tidak banyak yang bisa dilakukan pada HP ngeblank karena layarnya menjadi tidak responsif. Untuk itu, cobalah matikan paksa ponsel yang ngeblank dengan menekan tombol power hingga HP mati sendiri. Diamkan lima menit dan coba nyalakan lagi HP yang ngeblank tersebut.

2. Mulai Ulang Perangkat

Jika mematikan ponsel hanya dengan menekan tombol power, pengguna dapat melakukan restart dengan mengkombinasikan beberapa tombol.

Cara pertama, tekan tombol power berbarengan dengan volume down sekitar 10 detik. Tunggu hingga ponsel me-restart sendiri. Jika belum berhasil, coba gunakan kombinasi tombol power dengan volume up.

3. Pancing Ponsel ke Mode Fastboot

Cara ini dapat dilakukan jika kedua cara di atas belum berhasil. Pertama, tekan tombol power bersamaan dengan volume down.

Tahan hingga ponsel mati dan masuk pada mode Fastboot Xiaomi. Mode ini ditandai dengan gambar Android yang sedang diperbaiki. Ketika sudah di mode Fastboot, tekan lagi tombol power sampai ponsel restart.

Agar Tidak Kembali Ngeblank, Atasi dengan Cara Ini

Melalui bantuan tiga cara di atas, HP Xiaomi yang ngeblank dapat menyala kembali dengan normal. Jangan senang dulu, kemungkinan blank bisa terjadi kembali jika permasalahannya tidak segera diatasi.

Maka dari itu, segera ketahui apa yang menyebabkan HP Xiaomi tiba-tiba blank lalu atasi dengan cara berikut ini:

1. Menghapus File yang Tidak Penting

Jika ponsel penuh dengan file baik itu gambar, video maupun lainnya, bisa jadi hal tersebut yang menyebabkan HP ngeblank.

Untuk itu, segera pilah file yang tidak terlalu penting dan hapus. Pengguna juga dapat memindahkannya ke perangkat lain jika terlalu sayang untuk dihapus.

2. Membersihkan File Sampah

Tanpa diketahui, banyak sampah atau file cache yang tertimbun di ponsel dan belum dibersihkan. Jika dibiarkan, file ini akan ikut memenuhi ruang penyimpanan.

Hapuslah file cache pada masing-masing aplikasi secara berkala agar HP tidak kembali ngeblank.

3. Melakukan Update Software

Pengembang selalu memberikan pembaruan pada aplikasi atau sistem yang dirilisnya. Jika ada pemberitahuan untuk update, jangan diabaikan dan segeralah lakukan update baik pada sistem maupun aplikasi.

Hal ini dapat mencegah timbulnya bug dari versi lama yang belum ter-update.

Demikian beberapa cara mengatasi HP Xiaomi ngeblank batre tanam serta pencegahan yang dapat dilakukan. Agar semakin aman dan jauh dari blank, pengguna juga dapat melakukan factory reset saat HP sudah menyala kembali.

Mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik akan memperbaiki sistem di dalamnya namun pengguna perlu back-up data terlebih dahulu agar tidak terhapus.

Leave a Comment